Laksana Legacy PO Sumber Alam, Chasis Golden Dragon

Laksana Legacy PO Sumber Alam, Chasis Golden Dragon
PO Sumber Alam sejak dulu memang sangat setia menggunakan armada bus karya karoseri Laksana, bahkan semua armada bus yang dimiliki hasil karya karosei Laksana. Kali ini kami mendapat kesempatan untuk melihat Laksana Legacy SR1 milik Sumber Alam. Bus ini menggunakan Chassis Golden Dragon dari China lengkap dengan Air Suspensinya. Chasis Golden dragon sendiri sudah banyak berkeliaran di tanah air, antara lain yang menggunakannya: Gunung Harta, Laju Prima, Sari Mustika, dan beberapa PO lain. Kelebihan Chasis ini dengan harga yang lebih bersahabat kita dapat memperoleh mesin yang setara dengan OH 1830 yang sama-sama bertenaga 300HP, dan sudah dilengkapi air suspensi yang mumpuni pula.  
Sejak awal kami sudah menebak PO Sumber Alam akan menggunakan lagi body buatan Laksana, karena semua armada milik Sumber Alam juga buata Laksana. Kali ini dipilihlah tipe Legacy SR1 yang menjadi andalan dari Laksana untuk kelas Executive dan pariwisata.
Laksana Legacy PO Sumber Alam, Chasis Golden Dragon
Dilihat dari Exteriornya Legacy SR1 ini sangat futuristik, dengan selendang yang gagah dan sorotan mata tajam. Chasis Golden Dragon terlihat gagah dalam balutan body Legacy ini. Ditambah lagi dengan Livery khas Sumber Alam dengan dominasi warna silver dan biru.
Dari segi interior terlihat Laksana mengerjakannya dengan rapi dan teliti. Kami sempat kagum dengan pengerjaan Laksana pada interior, kerapiannya bisa dibandingkan dengan karoseri asal malang. Nampak 44 seat biru khas Sumber Alam tersusun formasi 2-2. 
Laksana Legacy PO Sumber Alam, Chasis Golden Dragon
Dasboard nya sedang dibenahi

Laksana Legacy PO Sumber Alam, Chasis Golden Dragon
Pintu Model terowongan yang rapi
Saat kami melihat armada ini dasboardnya sedang di benahi untuk perangkat multimedia nya, nampak terlihat kabel-kabel yang keluar di dasboar.
Dasboardnya sendiri nampak sederhana tapi tetap elegan dengan sentuhan corak coklatnya. Tapi sanyang pemasangan beberapa panel disana kurang presisi. 
Pintu belakang sudah menggunakan model terowongan, pengerjaannya pun terlihat sederhana tapi rapi.  Model penguncinya pun sederhana dan kokoh, tapi tetap rapi dengan di tutup cover yang cukup besar.
Bagasi armada ini cukup lapang karena tembus di kedua sisinya. Chasis Golden Dragon ini memang memungkinkan membuat bagasi tembus di kedua sisi. Namun sayang untuk membuka pintu bagasinya masih terasa berat kalo dibandingkan milik Morodadi Prima, mengingat ketebalan pintu bagasinya sama. Di beberapa karoseri lain pun masih memiliki masalah yang sama untuk pembukaan pintu bagasi, walaupun sudah dibantu dengan penggunaan gas-spring tapi tetap butuh tenaga ekstra. Karena keterbatasan waktu kami harus meninggalkan Legacy ini, ya kami belum puas mengeksplor keseluruhan armada ini. Yang pasti kami merasa cukup berkesan dengan armada ini, kenyamanan dan kerapian bus ini sangat menonjol.  Sukses terus untuk Sumber Alam, dan salut untuk Laksana. Sekian review singkat kami. terimakasih
Laksana Legacy PO Sumber Alam, Chasis Golden Dragon
Bagasi yang lapang

NB: kritik dan saran boleh lh

Next Post Previous Post
5 Comments
  • pudja
    pudja 17 April 2014 pukul 08.08

    boleh tanya gak gak om..
    aku bingung dengan kata2 legacy, sama livery itu apa ya,.
    Minta bantuannya ya om.

    • Admin
      Admin 18 April 2014 pukul 09.06

      Legacy = Nama produk dari karoseri Laksana

      Livery : itu Striping / pola cat atau gambar yang ada pada bus itu mas,

  • Unknown
    Unknown 21 Juli 2015 pukul 12.54

    Permisi mau tanya.. Karesori laksna bisa memperbaiki chasis VW Kombi.
    Terima kasih.

  • Unknown
    Unknown 28 Agustus 2015 pukul 14.34

    permisi gan mau tanya
    pembuatan full bobdy beserta isinya pake ac smpe brpa ya gan?

    • Unknown
      Unknown 30 April 2016 pukul 19.54

      kalo dari karoseri laksana hanya sekitar 450 jt itu termasuk seat ,video,tv,toilet,smoking area.....dan karoseri laksana itu tidak berisi ac nya mas


      koreksinya ter

Add Comment
comment url