-->

Bus Pariwisata Jetbus MD karoseri Adi Putro

Jetbus MD Pariwisata Adi Putro Bus pariwisata Jetbus MD dari karoseri Adi Putro yang kali ini menjadi bahan pembahasan Karoseri Indonesia. Dan Jetbus MD ini merupakan rival dari bus medium buatan karoseri New Armada Magneto Vision  yang juga sangat cocok untuk armada bus pariwisata. Bus pariwisata Jetbus MD ini menggunakan chasis Mitsubishi FE 84 yang paling umum digunakan untuk kelas medium Bus selain chasis Isuzu NQR 71, tetapi dengan Chasis Mitsubishi FE 84 ROH bis bisa lebih panjang dari pada menggunakan Chasis Isuzu NQR 71 jadi menurut saya Mitsubishi FE 84 lebih cocok di aplikasikan untuk membuat body bis medium. Tapi kita tidak akan membahas lebih dalam mengenai chasis Mitsubishi FE 84 tetapi kita membahas mengenai JetBus MD dari karoseri Adi Putro.
JetBus MD merupakan produk untuk kelas medium bus dari karoseri adi putro dengan model standart Travego seperti halnya Jetbus HD (Big Bus) hanya perubahan pada lampu depan dan belakang yang disesuaikan dimensi bis.
Dari pengerjaan body bis karoseri adi putro sudah terkenal kokoh dan merupakan karoseri paling populer di indonesia saat ini, bisa di jumpai banyak sekali bis buatan adi putro berkeliaran di jalan. Dari sisi Interior juga  pengerjaannya sudah benar - benar terkonsep dilihat dari setip pemasangan body triming baik plafond trimboard, door trim dari bahan ABS yang terpasang sangat rapi. Mari kita tengok satu persatu dari segala sudut ruang Jetbus MD.

1. Bagasi Belakang 
Bagasi belakang pada Jetbus MD Adi Putro terlihat rapi dapat dilihat pada proses pengelasan dan penutup lampu dan akses maintenance, bagasi belakang dilengkapi dengan satu buah lampu penerangan.

Bagasi Belakang Jetbus MD

Bagasi Belakang Jetbus MD

2. Pintu dan Doortrim
Pintu sopir Swing dengan balutan ABS pada Doortrim dengan embos "Adi Putro", Pintu belakang Swing juga berbalut ABS dengan Stoper pintu menggunkan Belt dan Pintu depan Kiri dengan engsel model Outswing bisa dengan manual atau dengan pnumatic. Penempelan Door trim sangat rapi dan sudah di disain untuk manufaktur dilihat dari setiap baut yang terpasang posisi pembautan sudah di sediakan tempatnya berupa embos. Dan juga cover lock menggunakan buat yang bertujuan akses maintenance jika terjadi kerusakan lock atau proses penggantian.


Pintu Depan Jetbus MD

Pintu Belakang Jetbus MD

Pintu Depan Jetbus MD

3. Dashboard
Dasboard jetbus MD simple namun terlihat mewah dengan sentuhan panel wood atau motif kayu pada setiap panel baik spidometer dan audionya. Dashboard Jetbus MD selain panel - panel lampu juga terdapat laci fusebox pada posisi dekat pintu masuk.

Dashboard Jetbus MD

Dashboard Jetbus MD

Dashboard Jetbus MD

Dashboard Jetbus MD

Dashboard Jetbus MD

Panel dashboard Jetbus HD

Ruang Sopir Jetbus MD

Hand Rem Jetbus MD

FuseBox Jetbus HD

4. Akses Maintenance
Karena medium bus dengan chasis mitsubishi bermesin depan maka dibutuhkan akses maintenance untuk perawatan mesin dan perawatan kompresor AC maka dilantai bagian depan terdapat pintu untuk aksesnya.

Akses Maintenace Jetbus MD

5. Seats 
Jok dari Alldila Seats menambah kemewahan Jetbus MD ini dengan corak dan perpaduan warna yang pas dan nyaman bagi penumpang. Seats dilengkapi dengan papernet dan handrail serta armrest yang dapat di lipat jika penumpang ingin beranjak dari tempat duduk.

Seats Alldila Jetbus MD

Seats Alldila Jetbus MD

Alldila Seats jetbus MD

Alldila Seats jetbus MD

Seats Alldila Jetbus MD

Back Seat Alldila

Untuk kemudahan dalam konfigurasi jumlah seat maka jok terpasang di atas rel sehingga dapat di atur maju atau mundur tegantung kapasitas penumpang yang diinginkan

Rail Jok Alldila

Rail Jok Alldila

Rail jok Alldila

6. Bagasi Plafon
Bagasi Plafon jetbus MD untuk meletakan barang bawaan penumpang terlihat lapang dengan konfigurasi profil almunium dan proses triming pada sekat penguat bagasi yang rapi sehingga terlihat elegan. Perpaduan bagasi plafon dengan louvre AC tampak cocok yang terbalut vinil Mbtech. Dan juga terdapat tambahan terminal Charger bagi penumpang yang ingin mengisi ulang baterai handphonenya.

Bagasi Plafon Jetbus MD

Bagasi Plafon Jetbus MD

Konfigurasi Louvre AC

Bagasi Plafon Jetbus MD


Dan yang menjadi ciri khas dari adi putro adalah pengaretan pada setiap join ABS dapat dilihat pada Ending bagasi plafon sisi terluar di kelilingi karet, pengaretan pada setiap join ini bertujuan untuk mengurangi noise atau kebisingan di dalam bis karen karet merupakan material terbaik untuk meredam getaran. 
Perhatikan juga setiap sambungan juga ditutup dengan siler sehingga tampak rapi dan untuk mengindari kebocoran udara AC, penempatan speaker juga diletakan pada bagasi plafon berurutan dengan konfigurasi louvre AC.


Pengaretan ABS

Pengaretan ABS

Pengaretan ABS

Konfigurasi Louvre dan Speaker

7. Partisi pengaman penumpang
Untuk keamanan penumpang diberikan sebuah partisi pengaman di depan jok penumpang kanan dan kiri serta depan jok penumpang belakang dekat pintu keluar. Pada partisi pengaman penumpang depan juga diberi tambahan sebuah lemari kecil untuk penyimpanan P3K atau pun surat-surat kendaraan.

Partisi pengaman penumpang depan

Partisi pengaman penumpang belakang

Partisi pengaman penumpang belakang


8. Plafon
Plafon Jetbus MD dengan disain yang simple tetapi tetap terkesan mewah dengan bahan dasar Vacum forming ABS dipadukan dengan lighting yang serasi menambah kemewahan.

Plafon Jetbus MD


Plafon Jetbus MD

Plafon Jetbus MD



9. TV
Saat ini hampir semua bis kelas eksekutif dan pariwisata semua sudah dilengkapi multimedia terutama TV sebagai hiburan, Adi putro memadukan Tv yang disematkan kedalam ending plafon sehingga pada saat Tv tertutup dapat rata / tenggelam kedalam ending plafon.

Televisi Jetbus MD


Televisi Jetbus MD

Televisi Jetbus MD


10. Interior Selendang

Perpaduan Interior berbahan ABS dengan Integral Skin yang tepat terutama pada bagian selendang napak memberikan kesan kokoh.  Keunggulan dari Integral skin adalah empuk seperti halnya karet. Karena ABS tergolong sejenis plastik jika terkena kulit bisa menggores atau melukai oleh karena itu Adi Putro melapisi interior yang kontak langsung dengan kulit manusia dengan bahan Integral skin tersebut.

Interior integral Skin

11. Eksterior Jetbus MD

Tampilan Jetbus MD terlihat gagah dari depan,  dengan sedikit polesan tiga Strip garis ciri khas Royal Coach Adi putro untuk menambah kesan tajam pada sisi lambung. Dilengkapi dengan moveable step yang terintegrasi dengan pintu, tujuan moveable yang ikut menutup bersamaan dengan pintu adalah faktor keamanan apabila crew bis lupa menaikan moveable step ketika bis akan berjalan. Jika di lihat darai Grill depannya Jetbus MD ini memiliki lebar 2,3 meter lebih lebar dari standart medium bus pada umumnya yaitu 2,2 meter.

Jetbus MD Adi Putro Pariwisata

Jetbus MD Adi Putro Pariwisata

Jetbus MD Adi Putro Pariwisata

12. Special Edition
Adi Putro terkenal dengan produk yang sudah standart ternyata juga memberikan pilihan kepada pelanggan untuk membuat Bus pesanannya berbeda, sebenarnya tidak banyak yang dirubah dari Special Edition dibandingkan Jetbus MD / Jetbus HD standart. Perubahan terletak pada muffler mau Satu, dua, atau lebih,  ada juga customer yang meminta lampu Stop tambahan, Stiker Jetbus sesuai permintaan atau lainnya yang hanya bersifat asesoris. Karena Adi putro tetap dalam pakem merekan menciptakan produk yang standart yang  bertujuan mempermudah proses produksi dan lead time, karena semakin banyak varian maka semakin banyak masalah yang ditimbulkan.

Jetbus MD Special Edition


Nah itu tadi pembahasan kita menganai Jetbus MD karoseri Adi Putro semoga bermanfaaat bagi pembaca sekalian, jika ada pertanyaan atau kritik dan saran kami persilahkan meninggalkan komentar. *CMIIW

Dan bagi Anda yang ingin mengetahui komparasi medium bus untuk pariwisata lainnya bisa mengunjungi artikel Tourista Karoseri Laksana VS touristo New Armada 


Pembaca yang baik selalu memberikan Like dan Google + untuk menghargai Penulis :D
LihatTutupKomentar